Breaking News

UMMY Solok Survey Mendalam untuk Rencanakan Program Unggulan KKN Di Nagari Simawang


    





Survey KKN Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok di Tanah Datar, Dok. Pribadi



Betrans,Solok.Panitia Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok melakukan survei lokasi ke Nagari Simawang, Kec Rambatan,Kabupaten Tanah Datar , Sumatera Barat, Kamis(8/8/2024).


 Universitas Mahaputra Muhammad Yamin yang akan menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) telah memulai persiapan dengan melakukan survei lokasi untuk pelaksanaan KKN tahun 2024 yang akan berlansung dari tanggal 12 Agustus -.20 September Survei dipimpin lansung oleh Dr.Rica Mega Sari S.Pt.,M.P. selaku  Kordinator KKN UMMY Solok beserta ibu Etika Melsyah Putri,S.Kom., M.Kom dan Kabiro Umum,Ismail Arifin.



Dari saat kedatangan mereka di Nagari Simawang perangkat nagari terlihat sangat antusias dalam menyambut rombongan.


Nagari Simawang berada di Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatra Barat. Luas Nagari Simawang: 40,22 kilometer persegi atau 31,14 persen dari luas wilayah Kecamatan Rambatan.


Nagari Simawang berjarak 19 kilometer dari ibukota Kecamatan Rambatan dan 28 kilometer dari ibu kota kabupaten Batusangkar. Ketinggian: 600 meter di atas permukaan laut.



Nagari Simawang berpenduduk 8.251 jiwa (2017), yang terdiri dari 4.014 laki-laki dan 4.237 perempuan serta 1.968 rumah tangga.


Nagari Simawang terdiri dari 8 jorong, yakni:


1. Ombilin

2. Padang Data

3. Darek

4. Baduih

5. Koto Gadang

6. Pincuran Gadang

7. Batu Limbak

8. Piliang Bendang




Wanita cantik yang akrab disapa Rica yang juga kordinator KKN UMMY Solok ini mengatakan kepada awak media Betrans,Dalam upaya untuk mengoptimalkan manfaat KKN, kelompok KKN Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok telah melibatkan diri dalam serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk meneliti dan memahami kondisi serta kebutuhan masyarakat di Nagari . Melalui kegiatan survei, mahasiswa mengidentifikasi permasalahan daerah yang membutuhkan perhatian khusus, potensi yang dapat dikembangkan, serta tantangan yang mungkin dihadapi selama KKN berlangsung. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa mereka dapat memberikan kontribusi yang signifikan dan relevan dalam konteks sosial, ekonomi, dan lingkungan di Nagari.




Hasil survey ini nantinya akan digunakan sebagai dasar bagi mahasiswa KKN di Nagari tersebut dalam merencanakan program-program yang akan dilakukan selama KKN. 


Lebih jauh Dr.Rica Mega Sari,S.Pt.,M.P. mengatakan Proses survey lokasi ini menunjukkan komitmen mahasiswa dalam menghadapi tantangan nyata di masyarakat. Dengan melibatkan diri secara langsung dalam penelitian dan pengamatan, mereka dapat membangun pemahaman yang lebih mendalam tentang realitas sosial di masyarakat.


Dengan semangat yang tinggi dan dukungan penuh dari perangkat nagari, para mahasiswa siap melaksanakan tugas mereka dengan penuh dedikasi dan professionalisme. Mereka berharap bahwa program-program tersebut akan memberikan kontribusi untuk sinergi yang lebih luas dalam pembangunan daerah ucap ibu satu anak ini mengakhiri.#yen

PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi