Breaking News

UMMY Solok PKM Lintas Prodi Dosen FKIP di Salayo Kabupaten Solok



Betrans,Solok.Sebagai Wujud Melaksanakan Tridharma pendidikan dalam hal ini bentuknya adalah Pengabdian Kepada Masyarakat, Dosen FKIP, UMMY Solok Melaksanakan Kolaborasi PKM Lintas Prodi yakni Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Dr. Redo Andi Marta,S.Pd.,M.Pd, Elan Halid, S.S.,M.Pd dan Mega Putri, SP.d.,M.Pd   1 orang Dosen Prodi Pendidikan Matematika  Roza Zaimil, S.Pd., M.Pd  4 orang dosen Pendidikan Biologi Ratih Komala Dewi,S.Pd.,M.Pd, Helvita Roza,S.Pd.,M.Pd, Afrahamiryano,S.Pd.,M.Pd, dan Chairul Amri,S.Pd.,M.Pd  1 orang dosen Pendidikan Bahasa Inggris Risza Dwiputri,S.S.M.A dan satu orang dosen Pendidikan Ekonomi Ikhwan, S.Pd.,M.Pd.E ,serta Kasubag umum FKIP Rozalino Zamros,SH pada tanggal 10 Agustus 2024, Pkl. 14.00 wib bertempat di di Nagari Salayo,Sawah Sudut- Kabupaten Solok


Dengan materi “Tindak Tutur Komunikasi Dalam Pelayanan Masyarakat ”



PKM merupakan sekuensial dari pendidikan dan penelitian yang terikat dalam tridharma perguruan tinggi. Secara filosofis, PKM merupakan wujud konkrit dari penerapan ilmu (aksiologi) yang bersifat siklus atau umpan balik (feed back), sehingga “jika dilaksanakan dengan baik, benar, sistematis dan konsisten (sesuai peta jalan dan rencana strategis)”, maka hasilnya bukan hanya memberdayakan dan memandirikan masyarakat serta menguatkan daya saing bangsa, tetapi akan semakin membangun dan menguatkan pendidikan dan penelitian.


Secara praktis, PKM bersifat umum, artinya dapat diterapkan dan dilaksanakan dalam berbagai ruang dan masyarakat (baik di perkotaan, di pinggiran perkotaan maupun di pedesaan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri), dapat dilaksanakan secara mandiri atau melalui kerja sama dengan berbagai pihak terkait (mitra atau stakeholders), serta dapat dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa.





DR,Redo Andi Marta,SP,d,MP,d kepada media ini Mengatakan,Idealnya, PKM dilaksanakan secara terencana, konsisten dan berkelanjutan, sehingga menghasilkan luaran (outcome) yang jelas bagi lembaga pendidikan tinggi, baik prodi maupun institusi.

Adapun tujuan Kegiatan ini adalah, pertama memberikan wawasan  kepada masyarakat, kedua agar dapat memberdayakan dan memandirikan Masyarakat.


Yang menjadi sasaran dalam program ini adalah Masyarakat yang berada di Nagari salayo khususnya dan masyarakat Sumatera Barat pada umumnya.

Secara umum pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat dapat berjalan dan selesai sebagaimana yang telah direncanakan, meski tidak menutup kemungkinan adanya kekurangan selama berlangsungnya acara.




Lebih jauh bapak satu anak ini mengucapkan,Terima kasih atas bimbingan serta arahan  Hana Adhia, S.Si., M.Pd.selaku Dekan Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan UMMY Solok.  Prof.Dr.Ir.Syahro Ali Akbar, M.P selaku Rektor Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok. , civitas akademik Fkip UMMY Solok,Masyarakat Peduli Lingkungan ( MPL) Sawah Sudut Nagari Salayo serta pihak-pihak lain yang turut membantu di dalam program ini.


Pada akhirnya kami serahkan sepenuhnya hanya kepada Allah SWT agar semua pihak terkait sukses nya program ini diberikan pahala dan ganjaran yang besar ucap kaprodi Bahasa Indonesia FKiP UMMY Solok mengakhiri.#yen


PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi