Breaking News

Pemko Padang Targetkan 96.407 Anak Untuk di Imunisasi



Betrans, Padang - Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Kota Padang resmi dimulai, dengan menargetkan sebanyak 96.407 anak usia 0-7 tahun untuk menerima vaksin polio. Program ini bertujuan melindungi anak-anak dari ancaman penyakit polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen. Peluncuran resmi program ini dilakukan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar, di Aula Balai Basuo, Kelurahan Pagambiran Ampalu Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung.

Dalam sambutannya, Andree Algamar menekankan pentingnya imunisasi polio bagi anak-anak. "Polio merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus polio. Penyakit ini harus kita cegah pada anak usia 0-7 tahun karena menyerang sistem saraf dan bisa menyebabkan kelumpuhan, kesulitan bernapas, bahkan kematian," ujar Andree. Ia juga mengajak warga Kota Padang yang mempunyai anak usia 0-7 tahun untuk membawa anaknya melakukan imunisasi polio ke Posyandu, Puskesmas, atau Pos PIN Polio terdekat sesuai jadwal yang ditentukan.


Optimisme tinggi diungkapkan oleh Andree, yang berharap Kota Padang dapat mencapai target 100 persen dari jumlah sasaran. "Kita berharap semua pihak, termasuk pemerintah dan stakeholder terkait, mendukung penuh kesuksesan PIN Polio ini. Hal ini juga merupakan upaya kita dalam mewujudkan generasi emas di 2045," tambahnya.


Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Padang, Depitra Wiguna, menyampaikan bahwa PIN Polio merupakan respon terhadap kejadian luar biasa (KLB) polio yang terjadi di tujuh provinsi di Indonesia. "PIN Polio dilakukan dengan pemberian vaksin polio sebanyak dua tetes bagi anak usia 0-7 tahun. Vaksin polio ini diberikan secara gratis di setiap Pos PIN Polio, termasuk Posyandu, Rumah Sakit, Puskesmas, hingga di PAUD, TK, dan SD," jelasnya.


Pelaksanaan PIN Polio di Kota Padang akan berlangsung dalam dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada 23-29 Juli 2024, dan tahap kedua pada 6-12 Agustus 2024. Untuk sasaran riil vaksin polio di Kota Padang, sebanyak 96.407 anak ditargetkan menerima imunisasi. "Terdiri dari 57.118 anak usia 0-7 tahun di Posyandu dan 17.892 anak di TK/PAUD," papar Depitra.


Diharapkan dengan terlaksananya program ini, Kota Padang dapat bebas dari ancaman polio, serta memastikan kesehatan dan masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang. Dukungan dari masyarakat dan berbagai pihak terkait sangat diperlukan untuk mencapai tujuan ini.


(son/yen)

PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi